Senin, 21 Mei 2018

TUGAS ULANGAN TENGAH SEMESTER
Diajukan Untuk memenuhi tugas UTS Mata Kuliah Ilmu Dakwa II

Dosen Pengampu
Muhammad Bisri Mustofa, M.Kom.I.



  
Kelas / Semester : KPI D / 2

Oleh :

FAKHRI ARDIANSYAH
1741010145



JURUSAN KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI
UNIVERSITAS ISLAM NEGRI RADEN INTAN LAMPUNG
TAHUN AKADEMIK 2018


TUGAS UTS ILMU DAKWAH II
NAMA                                                : FAKHRI ARDIANSYAH
NPM                                                   : 1741010145
JURUSAN/SEMESTER/KELAS      : KPI/2/D
SOAL
1   Jelaskan menurut pendapat saudara/I tentang dakwah pebangunan, mulai dari bahasa dan istilah, serta cantumkan ayat tentang dakwah pembangunan ! (min. 2 hal)
Jelaskan menurut pendapat saudara/I tentang perbedaan antara dakwah umum dan dakwah pembangunan (min. 2 hal)
JAWABAN
Penngertian dakwah menurut bahasa berasal dari bahasa arab (da’a – yad’u – da’watan). Kata dakwah tersebut merupakan ism masdar dari kata da’a yang dalam ensiklopedia islam diartikan sebagai “ajakan kepada islam. Kata da’a dalam Al-Qur’an, terulang sebanyak 5 kali, sedangkan kata yad’a terulang 8 kali dan kata dakwah terulang sebanyak 4 kali.”
Sedangkan dakwah secara terminolois atau menurut istilah ialah mengajak atau menyeru manusia agar menempuh kehidupan ini dijalan Allah SWT, Berdasarkan Ayat Al-Qur’an:
Allah Berfirman.

“serulah oleh kalian (umat manusia) kejalan tuhanmu dengan hikmah, nasihat yang baik, dan berdebatlah dengan mereka secara baik-baik…” (QS. An-Nahl:125).
Artinya dakwah ini sendiri mengajarkan kita untuk terus berbuat baik kepada manusia, menasehati manusia yang tersesat dijalan dengan cara kita menasehati orang tersebut dengan cara baik-baik.
Sedangkan pembangunan ialah upaya untuk berubah menjadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Jadi bisa kita ambil kesimpulan dakwah pembangunan itu sendiri ialah mengajak orang-orang atau terutama umat muslim kejalan yang benar dengan merubah sikap dan pikiran seseorang, agar terus beristiqomah mencari pahala dijalan Allah SWT itu sendiri.
Sebagai contoh nya, jika ada teman atau kerabat kita sedang tersesat dijalan Allah, kita sebagai manusia harus menolong orang tersebut, menasehati orang tersebut dengan cara baik-baik atau dengan kasih sayang, kita ajak orang itu untuk kembali kejalan Allah.

Artinya dakwah adalah pembangunan yang integral, secara utuh dan menyeluruh terhadap lingkungan disekitar kita atau kehidupan bukan hanya nilai individual saja melainkan berkenanaan dengan aspek-aspek kehidupan seluruhnya dan pembangunan merupakan bagian integral dari dakwah islamiyah.

Dengan berbagai dakwah yang ada, selayak nya dimaksimalkan penggunaannya supaya pembangunan melalui dakwah ini dapat menghasilkan mad’u yang “ihsan”  yang dapat melanjutkan estapet kegiatan dakwah untuk generasi penerus. Dan perlu disadari bahawa dakwah adalah salah satu gerakan pembangunan, karena esensinya adalah upaya untuk mengajak dan menyeru untuk merubah dari hal yang tidak baik menjadi baik. Supaya kelak menjadi ihsan yang mampu mengemban amanat fitri yaitu khalifatullahi fi al-ardhi.
Melihat dari hal yang diatas tadi, mari kita ambil contoh dari isu pembangunan masyarakat madani (politik). Berkaitan dengan hal ini islam menyuruh kita untuk memecahkan masalah dengan mengadaka musyawarah untuk memecahkan masalah dengan mengadakan musyawarah juga diambil keputusan. Ini berarti bahwa islam dengan nilai normative nya mengajarkan manusia untuk membangun tatanan masyarakat yang adil, yaitu dengan cara musyawarah disetiap pemecahan masalah atau dalam hal apapun.

Dalam contoh lain, Al-Qur’an memberikan konsep tentang ekonomi bagi manusia. Hal itu disebutkan dalam surah Al-Qoshos:77 yang berbunya :
“dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan jangan lah kamu melupakan bahagiaanmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana allah telah berbuat baik kepadamu, dan jangan lah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.” Secara umum bisa dibilang bahwa ekonomi adalah sebuah bidang kajian tentanf pengurusan sumber daya material individu, masyarakat, dan Negara untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia.

Dan begitulah kiranya dakwah berada sebagai sebuah gerakan terhadap perubahan dan pembanguan. Dakwah berdiri tidak saja untuk focus terhadap pembentukan pribadi seseorang, melainkan lebih dari itu. Membangun tatanan hidup yang baik beserta aspek-aspek penunjang nya.
Itu saja kiranya pendapat saya tentang dakwah pembangunan.

Dakwah umum dan dakwah pembangunan berbeda walaupun perbedaan nya sangat lah sedikit antara dakwah umum dan dakwah pembangunan.
Dakwah umum sendiri ialah dia yang mengajak seseorang untuk menuju kejalan Allah SWT. Untuk menjauhi semua yang dilarang oleh agama islam dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, agar senantiasa diberi kerahmatan yang lil ‘alamin, dakwah umum itu sendiri.

Dakwah umum ini seperti da’I atau penceramah (pendakwah) mereka mensyiarkan ilmu-ilmu tentang keislaman, tujuan nya ialah agar setiap orang yang mendengarkan syiar nya dapatnya termotivasi untuk terus berjalan dijalan Allah SWT.

Sedangkan dakwah pembangunan ini sendiri, sama saja kaya dakwah umum hanya berbeda sedikit, dakwah pembangunan ini tugas nya ialah mengajak umat islam yang hatinya sedang beku oleh dunawi karna adanya sifat syetan yang ada didalam diri sendiri.

Kita sebagai umat muslim sudah kewajiban untuk menegur sesama umat yang sedang tersesat di jalan Allah SWT. Jika kita bertemu dengan orang yang sedang berbuat dosa marilah kita bersama-sama kita tegur beliau baik-baik atau dengan kasih saying, tidak boleh kasar karna itu sifat dari syetan.

Pada zaman sekarang ini bisa diibaratkan zaman Jahiliyah Modern yaitu zaman pembodohan masa kini, kenapa ? karna sudah banyak nya orang yang berbuat maksiat dimana, dengan adanya dakwah umum dan dakwah pembangunan kita bisa bantu sahabat, teman, kerabat atau yang lainnya, tetap terus beristiqomah mensyiarkan agama islam, menegakan keadilan demi kemaslahatan umat islam.
Pada zaman sekarang banyak kaum-kaum yang diluar islam ingin menghacunkan islam, karna umat islam pada saat ini minim nya pengetahuan tentang keislaman, maka dari itu adanya dakwah pembangunan dan dakwah umum ini guna menambah ilmu-ilmu tentang keislaman untuk umat islam yang minimnya pengetahuan.

Artinya dakwah umum dan dakwah pembangunan ini sedikit berbeda dan banyak persamaan nya. Itu saja menurut saya perbedaan dakwah umum dan dakwah pembangunan.




SOAL PENGEMBANGAN DIRI
11      Apa kontribusi anda terhadap Indonesia sampai saat ini ! (min. 1 hal)
22  Jelaskan tentang diri anda, menggunakan metode analisis SWOT, yaitu perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesesses), peluang (opportunities), dan ancaman (thereats) terhadap proses studi saudara/I di UIN Raden Intan Lampung! (min. 2 hal)
33  Apa Visi Misi anda 5 tahun kedepan, dan bagaimana cara anda untuk meraih sukses terbesar dalam hidup !(min. 2 hal)
JAWABAN SOAL PENGEMBANGAN DIRI
11 Zaman sekarang sudah semakin maju. Untuk menimba ilmu pengetahuan sudah bisa diakses melalui internet. Namun kalau ada pengetahuan tapi tidak pernah dibagi ? gimana coba ?dari pada pengetahuan yang di punya oleh kita dibiarkan saja lebih baik kita mamfaatin ilmu kita atau kita bagi ilmu kita kepada orang laen.

Indonesia adalah Negara merdeka sejak beberapa puluh tahun yang lalu. Namun hingga saat ini, detik ini, masih banyak masyarakat Indonesia yang masih belum merasakan sisi kemerdekaan dari Negara kita yang kita dicintai dan kita banggakan. Bagaimana tidak ? berbagai macam pembangunan dari berbagai bidang selalu dicanang-canangkan oleh pejabat pemerintah yang mayoritas hanya melihat melihat daerah perkotaan atau daeraah yang diakses transportasi mudah. Mungkin sebenarnya ada pembangunan khusus daerah-daerah yang sulit terjangkau atau dikatakan daerah pedalamaan yang sulit akan adanya transportasi. Hanya saja proses diakses nya sangat lambat sehingga masyarakat yang merasa menjadi korban pun memutuskan ingin bertemu langsung dengan pejabat pemerintah.
Nah, coba kita mengingat daerah-daerah Indonesia di wilayah lain selain perkotaan, di wilayah Indonesia bagian timur misalnya ? masih banyak masyarakat disana yang masih menunggu janji-janji manis nya pemerintah yang tak kunjung datang. Janji-janji pemerintah biasa nya hanya sebagai bahan kampanye saja yang di kumandangkan pada saat pesta demokrasi di Indonesia. Mungkin ini hanya sekilas kenyataan yang harus kita terima selama masih berstatus warga Negara Indonesia (WNI). Namun, poin terpenting dari tulisan ini adalah bagaimana kita bisa melalukan kontribusi yang nyata  untuk Indonesia ?

Kita sebagai warga Negara Indonesia (WNI) harus segara sadar dan bangkit untuk mengambil posisi sebagai warga yang berguna bagi nusa dan bagi bangsa Indonesia. Salah satu hal sederhana yang dapat kita lakukan adalah dengan berbagi kepada sesame. Berbagi kepada orang-orang yang membtuhkan perhatian dan pengetahuan.

Salah sati kontribusi sederhana yang lagi marak-maraknya yaitu dengan bergabung dan mengikuti berbagai kegiatan komunitas social atau organisasi social.

Saat ini sudah banya komunitas social yang ada di Indonesia. Komunitas social di Indonesia sudah banyak, bahkan komunitas social itu sendiri sudah banyak di setiap perkotaan atau pedesaan. Komunitas social pada saat lebih banyak merangkul anak-anak muda yang mau berproses untuk bangsa Indonesia, dan ada juga komunitas yang merangkul orang tua tapi lebih mayoritas anak muda yang masih semangat untuk terus berjuang untuk Indonesia. Seperti kata presiden kita yang pertama IR. SOEKARNO “beri aku 10 pemuda niscaya akan ku guncangkan dunia”.
Saya ingin berbagi cerita sedikit, saya sendiri memiliki banyak organisasi ekstra kampus, contoh nya saya disini mengkitu organisasi kemahasiswaan yaitu Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Saya juga aktif di organisasi masyarakat seperti Gerakan Pemda Anshor (GP ANSHOR). Semenjak saya gabung di organisasi banyak ilmu yang sudah saya dapatkan. Terutama Gerakan Pemuda Anshor (GP ANSHOR) di kampung saya 2 minggu sekali mengadakan kegiatan rutin yaitu pengajian di masyarakat, dengan adanya pengajian ini kita banyak mendapatkan hikmah dan ilmu yang bisa kita gunakan dengan baik-baik.

Ada banyak pengalaman yang saya dapat dari organisasi dikampus atau pun organisasi masyarakat. Berbagai macam pengalaman sahabat, kawan, yang ada di organisasi yang saya miliki. Rasa begitu bangga ketika saya dapat menggunakan ilmu yang saya milik dan dibagi kepada masyarakat atau anak muda yang minim nya pengetahuan. Karna hidup bukan sekedar untuk hidup, tetapi bagaimana kita member arti kehidupan bagi orang lain dan dimana pun tempat yang kita miliki, dan apapun yang kita lakukan belajarlah untuk menyukai setiap hal yang datang dalam hidup ini.



 2  Analisi SWOT terhadap diri sendiri
Nama saya Fakhri Ardiansyah, saya adalah seorang Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Semester 2 di UIN Raden Intan Lampung. Saya akan bercerita sedikit mengenai alasan saya mengapa mengambil jurusan Komunikasi Penyiaran Islam sebagai pilihan kedua dalam pertimbangan saya untuk melanjutkan pendidikan saya di jenjang Perguruan Tinggi Islam Negri. Karna sebelum saya memilih kuliah di UIN Raden Intan Lampung, sebelum nya saya  sudah mendaftar untuk ikut tes SBMPTN dan saya memilih kuliah di perguruan tinggi negri dengan jurusan Teknik Infromatika, karna saya sangat suka sekali dibidang IT. Untuk mengantisipasi nya maka dari itu saya daftar di UIN RIL dengan mengambil jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, karna jurusan itu tidak masih bisa dikatakan satu jalur dengan jurusan IT walaupun sangat berbeda jauh dengan IT. Setelah saya diterima di UIN RIL saya sangat bangga akhir nya saya bisa kuliah di peruguruan tinggi negeri islam dan kedua orang tua saya pun bangga akhir nya saya bisa dapat kuliah di perguruan tinggi negri.

Itu sedikit cerita tentang diri saya, dan saya akan mencoba menganalisis kemampuan diri saya melalui metode analisis SWOT dengan factor-faktor yang terjadi sebelum saya menjalani perkuliahan di UIN RIL. Sebelumnya tentu kita juga harus memahami apa yang dimaksud metode Analisis SWOT.

Singkat nya SWOT merupakan akronim atau singkatan dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (Kesempatan) dan Threat (hambatan/ancaman). Analisis SWOT adalah sebuah analisis yang dicetuskan oleh Albert Humprey pada desawarsa tahun 1960-1970an. Analisis SWOT ini digunakan untuk menghadapi segala ancaman dan hambatan dimasa yang akan datang serta untuk menghadapi segala ancaman dan perubahan social yang ada agar sesuai dengan harapan dan cita-cita kita. Secara ilmiah analisis SWOT juga dapat diartikan sebagai metode atau cara untuk menggambarkan kondisi atau mengidentifikasi masalah berdasarkan factor internal  maupun factor eksternal. Analisis SWOT menggambarkan apa yang terjadi, bukan sebagai pemecah masalah. Saya akan mencoba menganalisis tentang diri saya mulai dari sekarang hingga kedepan nya. Apa saja potensi yang bisa berpengaruh pada karir dan aktivitas serta hambatan-hambatan yang ada kedepan nya agar saya bisa mempersiapkan diri menjadi lebih baik. Tujuan saya kuliah ini lulus dengan tepat waktu dan mendapat kan nilai cumlaude. Dengan nilai cumlaude dan lulus cepat saya berharap dengan mudah mendapatkan pekerjaan dan membahagiain kedua orang tua saya. Sehingga saya bisa membantu dan memenuhi kebutuhan kedua orang tua saya.
a.       Strengths (kekuatan)
Merupakan kondisi kekuatan yang terdapat dalam diri seseorang, organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada. Kekuatan yang dianalisis merupakan factor yang terdapat dalam tubuh Organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
1)      Senang bergaul ke hal yang positif
2)      Bertanggung jawab
3)      Memiliki pemahaman organisasi yang cukup banyak
4)      Banyak bergabung di organisasi ektra kampus atau organisasi masyarakat
5)      Menguasai beberapa mata kuliah yang ada
6)      Memiliki keahlian dibidang IT,  dan Desain

b.      Weakness (kelemahan)
Merupakan kondisi kelemahan yang terdapat dalam seseorang, organisasi atau proyek bisnis yang ada. Kelemahan yang dianalisis merupakan factor yang ada pada diri sendiri.
1)       Masih banyak mata kuliah yang belum dikuasai
2)      Kurang tekun belajar
3)      Malas untuk membaca buku atau menulis
4)      Egois

c.       Opportunities (peluang)
Merupakan kondisi peluang dari luar organisasi dimasa yang akan datang yang terjadi. Kondisi yang terjadi merupakan peluang dari luar kampus ataupun organisasi. Peluang yang ada.
1)      Tawaran untuk bekerja di bidang desainer, bekerja di bidang computer, atau membuka lembaga kursus computer.
2)      Mempunyai banyak relasi kerja, misal nya dunia politik
3)      Menjadi wirausaha

d.      Threats (ancaman)
Merupakan kondisi yang mengancam dari luar. Ancaman ini dapat mengganggu diri sendiri atau organisasi itu sendiri.
1)      Kurang nya tenaga kerja yang terampil
2)      Persaingan yang semakin ketat
3)      Maraknya tindakan korupsi, pungli (pungutan liar)
STRATEGI yang saya gunakan.
a.       Strengths (kekuatan)
1)      Lebih giat belajar dikampus, organisasi atau pun di luar dari pada itu
2)      Lebih bertanggung jawab lagi
3)      Lebih banyak mengikuti kegiatan dan selalu berbaul dengan hal yang positif

b.      Weakness (kelemahan)
1)      Lebih mengasah kemampuan yang dimiliki oleh saya sendiri
2)      Lebih bisa mengatur waktu dengan tepat

c.       Opportunities (peluang)
1)      Menciptakan suatu lapangan kerja agar sedikitnya pengangguran yang ada  di Indonesia
2)      Menggeluti dunia desain, IT, dan sebagai nya

d.      Threats (ancaman)
1)      Harus lebih teliti dalam menerima sesuatu
2)      Melakukan pengawasan



 3   Visi
-          Ingin menjadi pemuda yang mempunyai kemampuan individual yang berkompeten, kreatif, inovatif, di salah satu bidang IT.
Misi
-          Belajar dibidang Desain, dan IT
-          Lebih mendekatkan diri kepada masyarakat
-          Lebih banyak bergaul ke yang positif terutama di bidang IT dan desainer
Setiap orang mempunyai Visi dan Misi, untuk meraih kesuksesan terbesar dalam jangka waktu yang lama. Untuk meraih sukses terbesar dalam hidup butuh waktu yang sangat lama tidak semudah membalik telapak tangan.
Ada saat nya misi berubah apabila gagal, maka dari itu agar misi yang kita punya tidak gagal kita harus lebih giat belajar dengan tekun dan banyak membaca buku, bukan cuma sekadar sukses yang kita dapatkan, tapi bagaimana sukses nanti kita harus berguna bagi nusa dan bangsa terutama di kalangan masyarakat sekitar.

Karna usaha tidak akan menghianati proses yang telah kita tempuh, tidak mungkin akan sukses jika tidak pernah mengalami kegagalan. Kegagalan itu hal yang biasa untuk meraih kesuksesan terbesar dalam hidup kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kalo mau lebih banyak silahkan komentar ya guys :)