Sabtu, 13 Januari 2018

MAKALAH ASPEK ASPEK SASARAN STUDI ISLAM

ASPEK ASPEK SASARAN STUDI ISLAM
MAKALAH
Diajukan Untuk Diskusi Mata Kuliah Metode Studi Islam
Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

Dosen Pengampu
Indah Dian Sari, S.H.I,. M.H.I.

Di Susun Oleh :
Nama Kelompok
Desi Nur Fitriah
Ekaning Tyas Candri
Eko Prasetyo
Fajar Kurniawan
Fakhri Ardiansyah
Febri Dwi Ardiyanto
Ilham Habib Hazbullah
Kurnia Antoni Putri


UNIVERSITAS ISLAM NEGRI RADEN INTAN LAMPUNG
FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI
JURUSAN KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
TAHUN AJARAN 2017/2018


KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayahNya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah ini dengan judul “Aspek-Aspek Sasaran Studi Islam” yang menjadi salah satu tugas dari mata kuliah Metode Studi Islam ini dengan baik dan lancar.
Merupakan suatu tambahan pengetahuan dan wawasan bagi kami para penyusun makalah ini terutama materi-materi baru yang dapat memberikan pemahaman-pemahaman yang lebih bervariatif.
Penyusunan makalah ini tidak terlepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, oleh karena itu dengan segala ketulusan dan kerendahan hati saya ingin mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Rekan-rekan mahasiswa - mahasiswi Universitas Islam Negeri Lampung Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam.
2.      Kedua orang tua kami yang telah memberikan dukungan mositral maupun material.
3.      Semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu.
Kami sebagai penyusun makalah ini menyadari sepenuhnya bahwa dalam penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan di masa yang akan datang.
Akhir kata, semoga makalah ini bermanfaat bagi kami selaku penyusun dan penulis makalah ini pada khususnya dan bagi pembaca pada umumnya sebagai referensi tambahan di bidang ilmu Metode Studi Islam.
Bandar Lampung,    September 2017


Penulis


DAFTAR ISI
Halaman Depan .............................................................................................................
Kata Pengantar ..............................................................................................................
Daftar Isi .......................................................................................................................
BAB 1 PENDAHULUAN ...........................................................................................
A.       Latar Belakang Masalah .......................................................................................
B.       Rumusan Masalah ................................................................................................
C.       Tujuan Penulisan ..................................................................................................
BAB 2 PEMBAHASAN ..............................................................................................
A.          Aspek-Aspek Sasaran Studi Islam .......................................................................
BAB  3 PENUTUP .......................................................................................................
A.          Kesimpulan                                                                                                            
B.       Daftar Pusaka .......................................................................................................



BAB 1
PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang
Antara agama dan ilmu pengetahuan masih dirasakan adanya hubungan yang belum serasi. Dalam bidang agama terdapat sikap dokatis. Sedangkan, dalam bidang ilmiah terdapat sikap rasional dan terbuka. Oleh karena itu, timbul pertanyaan dikalangan mahasiswa maupun masyarakat itu. Apa yang dimaksud dengan sasaran study islam itu ?
Dengan mempertimbangkan hal-hal di atas penulis berusaha menerbitkan makalah untuk menjawab pertanyaan tadi dengan harapan mereka menjadi paham dan mengerti dan juga mampu mengekspresikan nya.

B.        Rumusan Masalah
1.      Apa saja aspek-aspek sasaran study islam ?

C.        Tujuan Penulisan
1.      Mengetahui aspek-aspek sasaran study islam.



BAB 2 PEMBAHASAN

A.    Aspek-aspek Sasaran Studi Islam
Antara agama dan ilmu pengetahuan masih dirasakan adanya hubungan yang belum serasi. Dalam bidang agama terdapat sikap dogmatis, sedang dalam bidang ilmiah terdapat sikap rasional dan terbuka. Oleh karena itu, aspek sasaran studi Islam meliputi 2 hal yaitu:

1.      Aspek sasaran keagamaan
Kerangka ajaran yang terdapat dalam Al-Qur'an dan hadits tetap dijadikan sandaran sentralk agar kajian keislaman tidak keluar dan tercerabul dari teks dan konteks. Dari aspek sasaran tersebut, wacana keagamaan dapat ditransformasikan secara baik dan menajdikan landasan kehidupan dalam berperilaku tanpa melepaskan kerangka normatif. Elemen dasar keislaman yang harus dijadikan pegangan: pertama, islamn sebagai dogma juga merupakan pengamalan universal dari kemanusiaan. Oleh karena itu sasaran study Islam diarahkan pada aspek-aspek praktik dan emprik yang memuat nilai-nilai keagamaan agar dijadikan pijakan. Kedua, Islam tidak hanya terbatas pada kehidupan setelah mati, tapi orientasi utama adalah dunia sekarang. Dengan demikian sasaran study Islam diarahkan pada pemahaman terhadap sumber-sumber ajaran Islam, pokok-pokok ajaran Islam sejarah Islam dan aplikasinya dalam kehidupan. Oleh karena itu studi Islam dapat mempertegas dan memperjelas wilayah agama yang tidak bisa dianalisis dengan kajian empirik yang kebenarannya relatif.

2.      Aspek sasaran keilmuwan
Studi keilmuwan memerlukan pendekatan kritis, analitis, metodologis, empiris, dan historis. Dengan demikian studi Islam sebagai aspek sasaran keilmuwan membutuhkan berbagai pendekatan. Selain itu, ilmu pengetahuan tidak kenal dan tidak terikat kepada wahyu. Ilmu pengetahuan beranjak dan terikat pada pemikiran rasional. Oleh karena itu kajian keislaman yang bernuasa ilmiah meliputi aspek kepercayaan normatif dogmatik yang bersumber dari wahyu dan aspek perilaku manusia yang lahir dari dorongan kepercayaan.

 Dari penjelasan yang sudah ada di depan dapat kita ambil kesimpulan bahwa arti agama, dien  dan religi mempunyai  pengertian  yang sama dan juga studi Islam mempunyai asal-usul dan pertumbuhan. Studi Islam sangat dibutuhkan pada ms sekarang. Tujuan studi Islam adalah untuk memahami dan mendalami serta membahas ajaran-ajaran Islam sebagai wacana ilmiah yang dapat diterima oleh berbagai kalangan. Aspek-aspek sasaran studi Islam  yaitu aspek keagamaan dan aspek sasaran keilmuwan.



BAB 3 PENUTUP

1.         Kesimpulan
     Sasaran studi islam
a.         Sasaran keagamaan
    Kerangka ajaran yang terdapat dalam Al-Qur'an dan hadits tetap dijadikan sandaran sentral agar kajian keislaman tidak keluar dan tercabut dari teks dan konteks.
b.        Sasaran keilmuwan
   Studi keilmuwan memerlukan pendekatan kritis, analitis, methodologis, empiris, dan historis.

2.         Daftar Pustaka

http://tarbiyyah-blog.blogspot.co.id/2012/04/pengertian-tujuan-dan-aspek-aspek.html

1 komentar:

Kalo mau lebih banyak silahkan komentar ya guys :)